Cara Mudah Membuat Database Cabang

Setiap perusahaan yang memiliki cabang atau ingin membuat database baru dengan cara yang mudah, bisa dengan cara duplikasi dari data base utama dengan cara yang mudah sebagai berikut:

  • Lebih dulu buka database utama yang ingin diduplikasi databasenya lalu Klik File(Berkas) | Create New Branch (Buat Data cabang Baru)
  • Silahkan mengisi mengganti atau Rename nama database newbranch.gbd dengan nama yang kita mau tanpa menghilangkan .gdb
  • Centang Export Pelanggan dan Pemasok bila ingin membawa  Data Pelanggan dan data pemasok pusat ikut terimport kedalam database cabang yang baru akan kita buat ini, dan lanjutkan sampai proses selanjutnya.
  • Database Cabang yang kita buat akan otomatis berada di dalam folder yang sama dengan database pusatnya. Untuk memindahkan, tinggal Copy dan Paste saja dari Folder tempt penyimanan Databasenya.

*Note : tujuan dari create newbranch ini adalah accurate akan membuatkan database yang sama percis dengan database utama kita, dengan membawa data-data seperti Akun, persediaan, pelanggan, vendor dan aktiva tetap tanpa saldo awal

Cara membuat Accurate Online dengan Internet atau pun off line

Apakah Accurate sudah Web base atau sudah bisa akses secara Online
Jawab. Program Accurate masih Desktop aplikasi, dan biasa diterapkan secara Local, baik dengan LAN (local area network) atau wireless, tapi dengan mengikuti perkembangan yang ada Accurate versi 4 sudah bisa diakses secara Online/beda lokasi dengan menggunakan fasilitas internet.


•    Remote WAN Access :
Digunakan untuk perusahaan yang akses databasenya dilakukan secara  terpusat, dimana semua cabang, outlet, atau pabrik mengakses lamgsung ke server pusat.
Pilihan ini mengharuskan perusahaan pengguna ACCURATE berlangganan layanan data (internet) corporate dengan kualitas koneksi yang bagus serta bandwith yang Dedicated
Untuk mencoba Akses secara Online, bisa mengikuti panduannya melalui pranala ini.

Apakah Accurate juga bisa mengakses data secara Offline antara data cabang dan Pusat:
Jawab: Ya, Accurate sudah menyediakan fasilitas yang namanya Export Import Transaksi . Sangat tepat bagi perusahaan yang mempunyai banyak outlet, seperti outlet makanan / minuman, aksesoris dll. Semua penjualan dan transaksi yang terjadi di outlet, dengan mudah diexport menjadi satu file kecil untuk dikirimkan ke kantor pusat menggunakan email, atau USB Disk. Dan file yang diterima oleh Pusat hanya tinggal di Upload untuk dimasukan ke Accurate.


•    Remote Desktop Connection
Berguna jika Bapak/Ibu hanya sesekali ingin bekerja secara remote, misalnya dari rumah, atau dari tempat liburan. Remote Desktop Connection menggunakan Protokol RDP bawaan OS Windows Server. Konsultasikan dengan IT Hardware Support perusahaan Bapak/Ibu untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Berbagai software free juga sudah bisa support untuk akses seperti ini, exc, teamviewer, hamachi dsb


•    Business Dashboard (Belum tersedia saat ini)
Layanan ini diperlukan terutama bagi top management perusahaan pengguna ACCURATE yang mobile agar bisa terus mengikuti perkembangan perusahaan dalam bentuk  laporan Grafik dan tabel-tabel yang bermanfaat.
Layanan ini akan tersedia dalam berbagai format, baik layan web untuk pengguna komputer/notebook maupun format mobile untuk pengguna Blackberry, iPhine, Android, Windows Mobile, maupun Symbian.
Untuk panduan menggunakan Dashboard bisa mengikuti link berikut:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + ten =

^